Selasa, 14 Februari 2012

ღ*♥*ღ☆ღ,¤¤*¨*ღ☆ღ*♥*ღ☆ღ,¤¤*♥ღ☆ღ,¤¤*♥ღ☆ღ,¤¤*♥ღ☆ღ,¤¤*♥ UKTI MILIKILAH ILMU SECANTIK MUSLIMAH..




Sabda Rasullah s.a.w:


“Dunia itu adalah kenikmatan dan sebaik-baik kenikmatan dunia ialah wanita yang solehah.” – Riwayat Muslim, Kitaab al-Ridha.



Agama merupakan faktor terpenting dalam mendapatkan kebahagiaan rumah tangga. Namun, tidak ramai di kalangan umat manusia pada zaman ini yang meneliti dan mengambil faedah daripada panduan agama dalam memilih calon isteri. Ramai di kalangan kita yang masih tidak menyedari bahawa faktor ini berupaya memberikan kebahagiaan dan keuntungan dunia dan akhirat.

Wanita yang beragama sentiasa mentaati ALLAH dan Rasul-NYA. Menjaga maruah diri dan ibu bapa, menundukkan pandangan di hadapan lelaki yang bukan mahram, berusaha menuntut ilmu, memahami dan mengamalkan apa yang difahaminya. Sentiasa bertaubat dan mendekatkan diri kepada ALLAH dengan melakukan pelbagai amalan wajib dan sunat.

Wanita yang terdidik dengan agama akan sentiasa memastikan dirinya bersih, kemas dan cantik. Ini kerana agama memerintahkan dia melakukan demikian. Semua itu dilakukan ikhlas kerana ALLAH berserta keyakinan bahawa dia akan dibalas dengan pahala di sisi TUHANnya.

Dia sentiasa memelihara diri dan menutup aurat dari pandangan lelaki yang bukan mahram. Percakapan yang lembut dan tepat seringkali menjadikan dirinya disukai dan disayangi oleh sesiapa sahaja yang mengenalinya. Masa yang terluang sentiasa dipenuhi dengan aktiviti yang berfaedah dan demi kebaikan diri serta agama.

Melakukan Aktiviti yang Berfaedah

Menuntut ilmu amat penting untuk mempersiapkan diri dengan ilmu yang bermanfaat untuk diri dan rumah tangganya. Setiap saat yang berlalu tidak dibiarkan terbuang begitu sahaja. Malah, dipenuhi dengan apa sahaja aktiviti yang boleh menambahkan ilmu pengetahuan sama ada berbentuk majlis ilmu, membaca bahan bacaan yang melibatkan isu semasa umat Islam atau kitab-kitab muktabar. Ilmu yang diterima bukan sahaja untuk faedah diri sendiri. Malah, dikongsi bersama ahli keluarga dan sahabat handai.

Dia tidak mudah dipengaruh oleh penyakit sosial yang sedang hebat melanda wanita lain di masa kini. Tidak dilalaikan oleh hiburan yang melampau. Tidak pernah terpengaruh dengan sekelilingnya yang sentiasa mengajak kepada kemungkaran. Sentiasa menjaga batas pergaulan lelaki dan wanita dan berwaspada terhadap budaya berseronok mseronok yang sedang menyerang muda-mudi masa kini.

Ketika rakan sebaya sedang asyik menikmati masa muda dengan cara berpeleseran, berpacaran, membuat janji temu dengan pasangan masing-masing, dia sibuk dengan kerja-kerja yang berguna untuk agama. Dia banyak menghabiskan masa dengan beribadah, mendirikan solat, menuntut ilmu pengetahuan, berbakti kepada ibu bapa dan mengisi masa senggangnya dengan pelbagai jenis aktiviti yang berfedah.

Keinginan untuk menyintai dan dicintai yang merupakan fitrah manusiawi tidak pernah dinafikan. Namun, kepada ALLAH jualah dia meminta agar dipermudahkan jalan untuk menyintai dengan cara yang halal dan diredhai ALLAH. Jiwa remajanya yang meruntun ke arah itu ditepisnya dengan iman dan takwa serta keyakinannya terhadap ALLAH. Kecintaan kepada ALLAH dan Rasul-NYA serta kegigihan untuk menjauhi segala yang diharamkan oleh ALLAH membantu dia menjalani zaman remaja yang penuh cabaran dengan benteng iman dan takwa.

Mana mungkin dia melayan semua bisikan syaitan ke arah itu. Sedangkan dia amat jelas tentang hukumnya. Dia amat sedar akan batasan hubungan itu. Dalam al-Quran, surah al-Nur ALLAH memerintahkan agar wanita-wanita yang beriman menundukkan pandangan. Melalui sabda Rasulullah s.a.w pula, jelas bahawa baginda melarang berdua-duaan antara dua kaum yang berlawanan jenis kerana syaitan akan mencelah di antara mereka, lalu mendorong ke arah maksiat yang lebih besar, iaitu zina.

Mentaati Ibu Bapa

Kedua-dua ibu bapa ditaati dengan sepenuh hati sebagai memenuhi perintah ALLAH agar berbuat baik kepada mereka dalam perkara makruf. Dia tidak pernah meninggikan suara jauh sekali menyakiti hati kedua-duanya.
Ini bersesuaian dengan perintah ALLAH yang berbunyi:


“Dan tuhanmu telah perintahkan supaya engkau tidak menyembah melainkan pada-NYA semata-mata dan hendaklah engkau berbuat baik terhadap ibu bapa. Jika salah seorang dari kedua-duanya atau kedua-duanya sampai kepada umur tua dalam jagaan dan peliharaan-MU, maka janganlah engkau berkata kepada mereka (sebarang perkataan kasar) sekalipun perkataan “ah” dan janganlah engkau menengking dan menyergah mereka. Tetapi ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia (yang bersopan santun). Dan hendaklah engkau merendah diri kepada kedua-duanya kerana belas kasihan dan kasih sayangmu dan doakanlah (mereka, dengan berkata): Wahai TUHANku, cucurilah rahmat kepada mereka berdua sebagaimana mereka telah mencurahkan kasih sayang dalam memelihara dan mendidikku semasa kecil.” – Surah al-Israak: 23 – 24.


Redha dan Syukur dengan Apa yang Ada

Harta benda bukanlah matlamat utama hidupnya. Jika dia diberikan kekayaan, dia bersyukur dan tidak sombong. Malah seboleh mungkin melakukan kebajikan dengan bersedekah kepada yang kurang upaya. Sebaliknya jika dia ditakdirkan miskin, dia juga bersyukur dan bersabar. Dirinya sentiasa sedar bahawa di luar sana masih ramai yang diuji dengan kemiskinan yang lebih dahsyat daripada apa yang dialaminya. Segala yang ditentukan oleh ALLAH buat dirinya diterima dengan penuh redha. Yakin bahawa setiap sesuatu yang telah ditentukan oleh ALLAH ke atasnya adalah baik untuk kehidupan dunia dan agamanya.

Sabda Rasulullah s.a.w:


“Sungguh mengkagumkan sifat orang mukmin. Apa sahaja keadaannya pasti baik. Ia tidak pernah dialami oleh sesiapa pun melainkan orang mukmin. Jika dia senang, dia bersyukur dan ia baik untuk dirinya. Dan jika dia susah dia bersabar dan itu baik untuk dirinya.” – Riwayat Muslim.

Dia juga sentiasa mengikut teladan wanita-wanita pada zaman sahabat dan salafussoleh. Mereka berjaya melahir dan mendidik generasi yang bijak pandai. Antaranya, dengan mencontohi Fatimah binti Muhammad r.a yang sabar menghadapi kemiskinan, mencontohi Ummul Mukminin Aisyah binti Abu Bakar r.a dalam kebijaksanaan dan kecintaan kepada ilmu, mencontohi Ummu Sulaim binti Milhan r.a dalam kecintaan dan kesetiaan kepada suami dan kejayaan mendidik, mencontohi Asma bin Abu Bakar r.a dalam semangat yang kental dan ketabahan menghadapi pelbagai ujian hidup.

Wanita Solehah Adalah untuk Lelaki Mukmin

Oleh itu, adalah tidak wajar bagi seorang mukmin sejati melupakan kesemua ciri wanita solehah ini dalam memilih pasangan lalu menilai semata-mata dari sudut paras rupa yang menarik tetapi buruk akhlaknya. Ini amat merugikan wanita-baik1suami dan rumah tangga muslim yang bakal dibina.

Segala ciri di atas menggambarkan betapa indahnya sifat wanita solehah. Dan alangkah bahagianya lelaki yang memiliki hati wanita ini. Keindahan ini tidak dapat ditandingi oleh mana-mana ratu cantik dunia. Sekalipun pada pandangan manusia lain dia tidak memiliki paras yang cantik.

Firman ALLAH S.W.T yang bermaksud:


“(Kebiasaannya) wanita-wanita yang jahat adalah untuk lelaki-lelaki yang jahat. Lelaki-lelaki yang jahat juga adalah untuk wanita-wanita yang jahat. Dan sebaliknya wanita-wanita yang baik adalah untuk lelaki-lelaki yang baik serta lelaki-lelaki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik.” – Surah al-Nur: 26.

Walau bagaimanapun, ini bukanlah bermakna agama melarang sama sekali seseorang itu memilih calon isteri yang cantik paras rupanya. Tiada siapa menafikan bahawa paras rupa yang menarik boleh menambahkan lagi keinginan seorang lelaki untuk menikahi seorang wanita. Ini merupakan fitrah dan diperakui oleh agama.

Sabda Rasulullah s.a.w:


“Apabila salah seorang kamu meminang seorang wanita sekiranya dia dapat melihat wanita itu, dia hendaklah melihatnya agar bertambah keinginannya untuk berkahwin.” – Riwayat Ahmad, Abu Daud dan al-Bazzar. Disahihkan oleh al-Hakim dan Ibn Hibban.


Juga berdasarkan sabda Rasulullah s.a.w:


“Wanita itu dinikahi kerana empat perkara. Kerana hartanya, keturunannya, kecantikannya dan agamanya. Oleh itu, pilihlah yang beragama nescaya kamu akan beruntung.” – Riwayat al-Bukhari dan Muslim.


Paras Rupa Bukanlah Segala-galanya

Namun, apa yang dilarang ialah sikap seorang lelaki mukmin yang mengabaikan pemilihan isteri dari sudut agama kerana mengutamakan rupa paras. Sehinggakan sanggup memilih wanita yang tidak berakhlak semata-mata kerana kecantikannya. Dan mengabaikan wanita mukminah lain yang lebih baik dari segi akhlak.

Ini bersesuaian dengan firman ALLAH yang menyebut bahawa seorang hamba perempuan yang beriman itu lebih baik 1_806739581l1untuk dijadikan pasangan hidup berbanding wanita musyrik. Walaupun rupa paras wanita musyrik itu lebih menawan hati lelaki mukmin.

Firman ALLAH S.W.T yang bermaksud:


“Sesungguhnya seorang hamba perempuan yang beriman itu lebih baik daripada perempuan kafir musyrik sekalipun keadaannya menarik hati kamu.” – Surah al-Baqarah: 221.



Isteri Adalah Pemimpin di Rumah Suami

Wanita yang beragama berupaya mendidik anak-anaknya dengan sempurna. Dia tahu dan sedar bahawa dirinya adalah ketua di rumah suaminya. Bertanggungjawab dalam memastikan anak-anak diberikan didikan agama yang secukupnya. Oleh itu, dia sentiasa memastikan anak-anaknya membesar dengan sempurna dari segi rohani dan jasmani. Jadi, suami yang meninggalkan anak-anaknya bersama isteri kerana mencari rezeki tidak akan bimbang kerana dia sedar bahawa isteri solehah lagi beragama yang dipilihnya itu berupaya menjaga dan mendidik anaknya dengan amanah sepanjang ketiadaannya di rumah.

Sabda Rasulullah s.a.w:


“Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap orang akan ditanya terhadap apa yang dipimpinnya. Seorang imam adalah pemimpin dan akan ditanya terhadap apa yang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin keluarganya dan akan ditanya tentang apa yang dipimpinnya. Wanita adalah pemimpin di rumah suaminya dan akan ditanya tentang orang yang dipimpinnya. Setiap seorang kamu adalah pemimpin dan akan ditanya tentang apa yang dipimpinnya.” – Riwayat al-Bukhari dan Muslim.


Paling baik ialah memilih wanita yang mempunyai kedua-dua ciri yang dinyatakan di atas, iaitu cantik dan beragama. Perlulah berupaya menjaga maruah diri dan suami, menggembirakan hati suami, membina keluarga Islam yang harmoni dan membimbing keluarga menuju ALLAH. Namun, jika seorang lelaki berada dalam keadaan di mana dia perlu memilih salah satu daripada di atas, dia hendaklah mengutamakan agamanya,,,

wallohu alam bisaawabb.. 

semoga bermanfaat waslamualikum warrohmatullohi wabarookatuh

MENGENDALIKAN RASA CEMBURU DALAM RUMAH TANGGA


Perasaan cemburu adalah ketidaksukaan bergabungnya orang lain pada haknya.Sesungguhnya perasaan cemburu adalah tabiat yang alami. Merupakan fitrah yang tercipta pada diri setiap manusia, sesuai dengan tabiat manusiawi yang dipupuk dengan nilai-nilai keimanan. Ia berfungsi sebagai penjaga kemuliaan dan kehormatan manusia. Akan tetapi, perasaan cemburu tersebut haruslah sesuai dengan aturan agama yang mengutamakan kesabaran, ilmu, ...keadilan, kebijaksanaan, kejujuran, ketenangan dan kelembutan dalam semua perkara.

Menurut ?Abdullah bin Syaddad, ada dua jenis ghirah. Pertama, ghirah yang dengannya seseorang dapat memperbaiki keadaan keluarga. Kedua, ghirah yang dapat menyebabkannya masuk neraka. Ditinjau dari nilainya di sisi Allah Subhanahu wa Ta?ala, cemburu ada dua macam. Dalam sebuah hadits disebutkan : bahwa Nabi shollallahu ?alaihi wa sallam bersabda: Ada jenis cemburu yang dicintai Allah Subhanahu wa Ta?ala, adapula yang dibeni-Nya. Yang disukai, yaitu cemburu tatkala ada keraguan, sedangkan yang dibenci, yaitu adalah yang tidak dilandasi keraguan.?

Disebutkan di dalam hadits,

?Saad bin Ubadah radhiallahu ?anhu berkata, Sekiranya aku melihat seorang laki-laki bersama dengan isteriku, niscaya akan kutebas ia dengan pedang,? ucapan itu akhirnya sampai kepada Rasulullah. Lalu beliau shollallahu ?alaihi wa sallam bersabda, ?Apakah kalian merasa heran terhadap kecemburuan Saad? Demi Allah, aku lebih cemburu daripadanya, dan Allah lebih cemburu daripadaku.?

Ditinjau dari sisi yang lain, cemburu ada dua macam. Pertama, ghirah lil mahbub (cemburu membela orang yang dicintai). Kedua, ghirah ?alal mahbub (cemburu membela agar jangan sampai ada orang lain yang juga mencintai orang yang dicintainya.

Ghirah lil mahbub adalah pembelaan seseorang terhadap orang yang dicintai, disertai dengan emosi demi membelanya, ketika hak dan kehormatan orang yang dicintai diabaikan atau dihinakan. Dengan adanya penghinaan tersebut, ia marah demi yang dicintainya, kemudian membelanya dan berusaha melawan orang yang menghina tadi. Inilah cemburu sang pencinta yang sebenarnya. Dan ini pula ghirah para Rasul ?alaihi salam dan pengikutnya terhadap orang-orang yang menyekutukan Allah Subhanahu wa Ta?ala, serta melanggar syariat Allah Subhanahu wa Ta?ala. Jenis ghirah inilah yang semestinya dimiliki seorang muslim, untuk membela Allah Subhanahu wa Ta?ala, Rasul shollallahu ?alaihi wa sallam dan agama-Nya. Adapun ghirah ?alal mahbub adalah kecemburuan terhadap orang lain yang ikut mencintai orang yang dicintainya. Jenis ghirah inilah yang hendak kita kupas pada pembahasan ini.

BEBERAPA CONTOH KECEMBURUAN
SEBAGIAN ISTERI NABI SHOLLALLAHU ?ALAIHI WA SALLAM

Disebutkan dalam sebuah riwayat, Anas radhiallahu ?anhu berkata:

?Suatu ketika Nabi di rumah salah seorang isteri beliau. Tiba-tiba isteri yang lain mengirim mangkuk berisi makanan. Melihat itu, isteri yang rumahnya kedatangan Rasul memukul tangan pelayan pembawa makanan tersebut, maka jatuhlah mangkuk tersebut dan pecah. Kemudian Rasul mengumpulkan kepingan-kepingan pecahan tersebut serta makanannya, sambil berkata: ?Ibu kalian sedang cemburu,? lalu Nabi menahan pelayan tersebut, kemudian beliau memberikan padanya mangkuk milik isteri yang sedang bersama beliau untuk diberikan kepada pemilik mangkuk yang pecah. Mangkuk yang pecah beliau simpan di rumah isteri yang sedang bersama beliau.?

Ibnu Hajar menjelaskan bahwa isteri Nabi shollallahu ?alaihi wa sallam yang memecahkan mangkuk adalah ?Aisyah Ummul Mukminin, sedangkan yang mengirim makanan adalah Zainab binti Jahsy.?

Dalam hadits yang lain diriwayatkan:

?Dari Aisyah: ?Aku tidak cemburu kepada seorang wanita terhadap Rasulullah sebesar cemburuku kepada Khadijah, sebab beliau selalu menyebut namanya dan memujinya.?

Dalam sebuah riwayat disebutkan, ?Aisyah berkata: ?Tatkala pada suatu malam yang Nabi berada di sampingku, beliau mengira aku sudah tidur, maka beliau keluar. Lalu aku (pun) pergi mengikutinya. (Aku menduga beliau pergi ke salah satu isterinya dan aku mengikutinya sehingga beliau sampai di baqi?). Beliau belok, aku pun belok. Beliau berjalan cepat, akhirnya aku mendahuluinya. Lalu beliau bersabda: ?Kenapa kamu, hai Aisyah, dadamu berdetak kencang?? Lalu aku mengabarkan kepada beliau kejadian yang sesungguhnya, beliau bersabda: ?Apakah kamu mengira bahwa Allah dan Rasul-Nya akan menzhalimimu??.

NASIHAT BAGI WANITA DALAM MENGENDALIKAN PERASAAN CEMBURU

Sebagaimana fenomena yang kita lihat dalam kehidupan tangga pada umumnya, tampaklah bahwa sifat cemburu itu sudah menjadi tabiat setiap wanita, siapapun orangnya dan bagaimanapun kedudukannya. Akan tetapi, hendaklah perasaan cemburu ini dapat dikendalikan sedemikian rupa, sehingga tidak menimbulkan masalah yang bisa menghancurkan kehidupan rumah tangga.

Berikut beberapa nasihat yang perlu diperhatikan oleh para isteri untuk menjaga keharmonisan kehidupan rumah tangga, sehingga tidak ternodai oleh pengaruh perasaan cemburu yang berlebihan.

* Seorang isteri hendaklah bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta?ala dan bersikap pertengahan dalam hal cemburu terhadap suami. Sikap pertengahan dalam setiap perkara merupakan bagian dari kesempurnaan agama dan akal seseorang. Dikatakan oleh Nabi shollallahu ?alaihi wa sallam kepada ?Aisyah radhiallahu ?anha: ?Hai ?Aisyah, bersikaplah lemah-lembut, sebab jika Allah menginginkan kebaikan pada sebuah keluarga, maka Dia menurunkan sifat kasih-Nya di tengah-tengah keluarga tersebut.? Dan sepatutnya seorang isteri meringankan rasa cemburu kepada suami, sebab bila rasa cemburu tersebut melampaui batas, bisa berubah menjadi tuduhan tanpa dasar, serta dapat menyulut api di hatinya yang mungkin tidak akan pernah padam, bahkan akan menimbulkan perselisihan di antara suami dan melukai hati sang suami. Sedangkan isteri akan terus hanyut mengikuti hawa nafsunya.

* Wanita pencemburu, lebih melihat permasalahan dengan perasaan hatinya daripada indera matanya. Ia lebih berbicara dengan nafsu emosinya dari pada pertimbangan akal sehatnya. Sehingga sesuatu masalah menjadi berbalik dari yang sebenarnya. Hendaklah hal ini disadari oleh kaum wanita, agar mereka tidak berlebihan mengikuti perasaan, namun juga mempergunakan akal sehat dalam melihat suatu permasalahan.

* Dari kisah-kisah kecemburuan sebagian isteri Rasulullah shollallahu ?alaihi wa sallam tersebut, bisa diambil pelajaran berharga, bahwa sepatutnya seorang wanita yang sedang dilanda cemburu agar menahan dirinya, sehingga perasaan cemburu tersebut tidak mendorongnya melakukan pelanggaran syari?at, berbuat zhalim, ataupun mengambil sesuatu yang bukan haknya. Maka janganlah mengikuti perasaan secara membabi buta.

* Seorang isteri yang bijaksana, ia tidak akan menyulut api cemburu suaminya. Misalnya, dengan memuji laki-laki lain di hadapannya atau menampakkan kekaguman terhadap laki-laki lain di hadapannya atau menampakkan kekagumman terhadap laki-laki lain, baik pakaiannya, gaya bicaranya, kekuatan fisiknya dan kecerdasannya. Bahkan sangat menyakitkan hati suami, jika seorang isteri membicarakan tentang suami pertamanya atau sebelumnya. Rata-rata laki-laki tidak menyukai itu semua. Karena tanpa disadarinya, pujian tersebut bermuatan merendahkan ?kejantanan?nya, serta mengurangi nilai kelaki-lakiannya, meski tujuan penyebutan itu semua adalah baik. Bahkan, walaupun suami bersumpah tidak terpengaruh oleh ungkapannya tersebut, tetapi seorang isteri jangan melakukannya. Sebab, seorang suami berat melupakan itu semua.

* Ketahuilah wahai para isteri! Bahwa yang menjadi keinginan laki-laki di lubuk hatinya adalah jangan sampai ada orang lain dalam hati dan jiwamu. Tanamlah dalam dirimu bahwa tidak ada lelaki yang terbaik, termulia, dan lainnya selain dia.

* Wahai para isteri! Jadikanlah perasaan cemburu kepada suami sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri kepadanya. Jangan menjadikan ia menoleh kepada wanita lain yang lebih cantik darimu. Berhias dirilah, jaga penampilan di hadapannya agar engkau selalu dicintai dan disayanginya. Cintailah sepenuh hatimu, sehingga suami tidak membutuhkan cinta selain darimu. Bahagiakan ia dengan seluruh jiwa, perasaan dan daya tarikmu, sehingga suami tidak mau berpisah atau menjauh darimu. Berikan padanya kesempatan istirahat yang cukup. Perdengarkan di telinganya sebaik-baik perkataan yang engkau miliki dan yang paling ia senangi.

* Wahai, para isteri! Janganlah engkau mencela kecuali pada dirimu sendiri, bila saat suamimu datang wajahnya dalam keadaan bermuram durja. Jangan menuduh ?salah-kecuali pada dirimu sendiri, bila suamimu lebih memilih melihat orang lain dan memalingkan wajah darimu. Dan jangan pula mengeluh bila engkau mendapatkan suamimu lebih suka di luar daripada duduk di dekatmu. Tanyakan kepada dirimu, mana perhatianmu kepadanya? Mana kesibukanmu untuknya? Dan mana pilihan kata-kata manis yang engkau persembahkan kepadanya, serta senyum memikat dan penampilan menawan yang semestinya engkau berikan kepadanya? Sungguh engkau telah berubah di hadapannya, sehingga berubah pula sikapnya kepadamu, lebih dari itu, engkau melemparkan tuduhan terhadapnya karena cemburu butamu.

* Dan ingatlah wahai para isteri! Suamimu tidak mencari perempuan selain dirimu. Dia mencintaimu, bekerja untukmu, hidup senantiasa bersamamu, bukan dengan yang lainnya. Bertakwalah kepada Allah Subhanahu wa Ta?ala, ikutilah petunjuk-Nya dan percayalah sepenuhnya kepada suamimu setelah percaya kepada Allah yang senantiasa menjaga hamba-hamba-Nya yang selalu menjaga perintah-perintah-Nya, lalu tunaikanlah yang menjadi kewajibanmu. Jauhilah perasaan was-was, karena setan selalu berusaha untuk merusak dan mengotori hatimu.

TIDAK BOLEHKAH CEMBURU?

Barangkali, di antara para isteri ada yang membantah dan berkata, adalah kebodohan apabila seorang isteri tidak memiliki rasa cemburu pada suaminya, padahal cemburu ini merupakan ungkapan cintanya kepada suaminya, sekaligus sebagai bumbu penyedap yang bisa menimbulkan keharmonisan, kemesraan dan kepuasan batin dalam kehidupan rumah tangga.

Ya benar! Akan tetapi, apakah pantas seorang isteri yang berakal sehat, jika ia tenggelam dalam rasa cemburunya, sehingga menenggelamkan bahtera kehidupan rumah tangganya, mencabik-cabik jalinan cinta dan kasih sayang dalam keluarganya, bahkan ia sampai terjangkiti penyakit psikis yang kronis, perang batin yang tidak berkesudahan, dan akhirnya merusak akal sehatnya?

Memang sangat tipis, perbedaan antara yang benar dengan yang salah, antara yang sakit dengan yang sehat, antara cemburu yang penuh dengan kemesraan dengan cemburu yang membakar dan menyakitkan hati dikarenakan penyakit kejiwaan yang berat. Namun, tetap ada perbedaan antara cemburu dalam rangka membela kehormatan diri dan kelembutan karena didasari rasa cinta kepada suami, dengan cemburu yang merusak dan membinasakan. Kalau begitu, cemburulah wahai para isteri, dengan kecemburuan yang membahagiakan suamimu, dan menampakkan ketulusan cintamu kepadanya! Tetapi hindarilah kecemburuan yang merusak dan menghancurkan keluargamu. Cemburulah demi memelihara harga diri dan kehormatan suami. Dan lebih utama lagi, cemburu untuk membela agama Allah.



link:  http://www.kajianislam.net/2007/10/mengendalikan-rasa-cemburu-dalam-rumah-tangga/

Senin, 06 Februari 2012

Facebook Haram... ? “Sebuah Catatan Singkat”


Facebook Haram... ?
“Sebuah Catatan Singkat”

Sepekan lalu Indonesia gempar dengan keluarnya fatwa haram facebook dan friendster sebagai situs jejaring sosial dalam lingkup Internasional dari berbagai ulama r. Sikap pro dan kontra mulai membumbung kelangit bak asap, dari mulai orang awam biasa serta tidak terkecuali dikeluarkan pula oleh para ulama lainnya, bahkan selama sepekan lalu menjadi bahan bincang-bincang di beberapa stasiun tv dan radio jakarta.

     Facebook adalah suatu jenis jejaring sosial yang dalam masa dua tahun telah mampu memberikan kekayaan yang luar biasa bagi para pemiliknya, selain itu juga telah menggeser pamor friendster yang telah menggurita selama beberapa tahun sebelumnya, lalu apa alasan ulama kediri jawa timur yang mengaggap hal tersebut haram, ternyata tidak lain pengharaman tersebut terbit karena adanya kekhawatiran terhadap kemudharatan yang timbul dari penggunaan situs jejaring sosial tersebut, seperti terbukanya pintu perselingkuhan dan maksiat lain yang akan lebih mudah dilakukan oleh para pengguna situs tesebut sehingga menimbulkan kerusakan moral dan akhlak mereka.

    Kekhawatiran tersebut memang sangat dimaklumi dengan baik, akan tetapi ketika kita mengaharamkan secara mutlak hal tersebut maka akan terlihat kita tidak mampu untuk menerima perkembangan teknologi serta kemudahan dalam mengakses hal – hal baru dalam kehidupan, segala hal dalam kehidupan yang diatur dalam fiqh itu tidak hitam putih (yakin halal atau haram) namun ada pula yang dibenci (makruh), adapula yang dibolehkan ( mubah ), semua bermain dalam hukum-hukum fiqh.

            Ketika sebagian ulama ada yang mengharamkan facebook di sisi lain ada bebrapa ulama yang mengaggap hal tersebut kurang tepat, karena dengan facebook kita dapat memperoleh pengetahuan  serta memperluas jaringan ukhuwah kepada kerabat atau sahabat lainnya.
           jPengharaman facebook untuk menghindari kemudharatan yang akan terjadi memang baik, namun mengharamkan secara mutlak hal tersebut masih harus kita kaji secara mendalam, meskipun ada kaidah untuk menutup pintu kemudharatan dalam fiqh, mungkin forum ulama yang memfatwakan hal tersebut belum mengetahui hal positif lain yang dapat diperoleh dari adanya situs jejaring social tersebut, sehingga kekhawatiran terhadap maksiat menjadi lebih diutamakan dalam pertimbangan mengeluarkan fatwa itu.
           Terbitnya fatwa haram itu sepatutnya tidak menjadikan kita memandang sebelah mata kepada para ulama apalagi meremehkannya, karena sikap ulama tersebut bukan untuk menghindari kemajuan serta perkembangan teknologi akan tetapi usaha untuk menjaga masyarakat agar tetap terjaga dari tindakan maksiat kepada Allah SWT, adapun ketika kita menganggap hal tersebut keliru karena minimnya informasi yang dimiliki para ulama, sepatutnya kita memberikan pemahaman yang lurus mengenai hal itu sehingga tidak timbul kebencian kepada mereka, karena mereka adalah pewaris para nabi yang memiliki amanat menjaga umat.

KEMULIAN SEORANG WANITA



`*•Yaa Rabbi•*´¯)
Ajarilah kami bagaimana memberi sebelum meminta,berfikir sebelum

bertindak,santun dalam berbicara,tenang ketika gundah,diam ketika emosi melanda,bersabar dalam setiap ujian.Jadikanlah kami orang yg selembut Abu Bakar Ash-Shiddiq,sebijaksana Umar bin Khattab,sedermawan Utsman bin Affan,sepintar Ali bin Abi Thalib,sesederhana Bilal,setegar Khalid bin Walid radliallahu'anhumღAmiin
ya Rabbal'alamin.

Kemuliaan Seorang Wanita

Aku bangga terlahir sebagai seorang wanita. Begitu mulianya seorang wanita, sehingga Allah meletakkan surga di bawah telapak kaki seorang ibu. Begitu mulianya seorang wanita, sehingga Allah menyematkan wanita sholeha sebagai perhiasan dunia yang terindah. Begitu mulianya seorang wanita, sehingga Rasul mengatakan seorang wanita sholeha lebih baik daripada 1000 lelaki yang sholeh.

Aku lalu bertanya, sesungguhnya apa yang membuatku bisa begitu mulia? Apakah ketika aku menjadi seorang wanita karir? Apakah ketika aku bisa merebut posisi laki-laki di ranah pekerjaan? Apakah ketika aku bisa menjadi pemimpin kaum lelaki? Apakah ketika aku bergelar sarjana, master dan doktor? Apakah ketika pesona tubuhku melenakan jutaaan pasang mata yang melihatnya? Apakah ketika aku merasa bisa berdiri sejajar dengan kaum lelaki di sektor publik?

Aku terlahir sebagai wanita yang kusadari memang ada yang berbeda. Aku memiliki kelembutan untuk menyayangimu. Aku memiliki kesabaran untuk menjadi sandaranmu. Aku memiliki ilmu untuk membantumu. Aku memiliki cinta untuk menjadikanmu nyaman dengan kehadiranku. Aku memiliki rasa hormat untuk membuatmu menjadi dihargai. Aku memiliki ketegasan untuk menjaga kehormatanku.

Wanita menjadi mulia saat ia bisa menjadi seorang istri yang bisa mendukung perjuangan suami, menjadi seorang ibu yang bisa mencetak generasi idaman umat, menjadi anggota masyarakat yang bisa berperan dalam lingkungannya, dan menjadi seorang hamba yang takut pada Rabbnya.

Wanita menjadi mulia saat tak silau oleh bujuk rayu dunia, tak luntur oleh terpaan badai ujian, tak goyah oleh kilauan permata, tak runtuh oleh ganasnya gelombang badai kehidupan, dan menjadi sosok yang tegar sekuat batu karang.

Wanita menjadi mulia bukan karena balutan busana seksinya. Ia menjadi mulia dengan hijabnya, hijab yang hanya akan dibuka pada orang yang layak untuknya. Karena Ia laksana mutiara di tengah lautan, yang tidak sembarangan orang bisa menyentuhnya, bukan laksana mawar di pinggir jalan yang setiap orang bisa memetiknya bahkan membuangnya sesuka hatinya.

Wanita tak akan menurun kemuliannya saat tidak dianggap berkulit putih, bertubuh langsing, berambut lurus, berwajah cantik, dan berbarang merk mahal dan terkenal. Tapi dia akan menunjukkan diri dengan akhlak mulianya, kelembutan hatinya, kesantunan lisannya, ketulusan senyumnya, keteduhan pandangannya, kecerdasan fikir dan emosinya, serta keteguhan sikapnya.

Wanita tak lebih menurun kemuliannya ketika Ia hanya menjadi ibu rumah tangga. Bahkan itu adalah profesi paling mulia bagi seorang wanita, ummu warobatul bait, yang dimata para feminis dan pejuang gender tak ada nilainya. Bukankah kemuliaan tertinggi hanya di mata Allah? Dan menjadi ibu dan pengatur rumah tangga adalah multiprofesi tanpa gaji tapi berpahala tinggi. Di tangan seorang istrilah dukungan utama perjuangan suami, sandaran rasa lelah suami, tempat terindah keluh kesah suami, dan hiburan paling mujarab bagi suami. Di tangan seorang ibu lah generasi dilahirkan, dipersiapkan, dididik dan diperhatikan. Dialah madrasah pertama dan utama, yang melahirkan calon-calon generasi andalan umat. Dialah manajer rumah tangga paling handal, direktur keuangan paling mumpuni dan partner paling hebat untuk keluarga, yang menjadikan rumahnya adalah baity jannati bagi siapa saja yang berada bersamanya.

Maka berbanggalah dengan peranmu wahai wanita,dan jadikanlah dirimu sebenar-benar perhiasan dunia.
Air mata adalah salah satu cara dia menunjukkan,kegembiraan,kerisauan,cinta,kesepian,penderitaan,dan kebanggaan,serta wanita ini mempunyai kekuatan mempesona lelaki,ini hanya beberapa kemampuan yang dimiliki oleh wanita.

Wanita dapat mengatasi beban lebih baik dari lelaki,dia mampu menyimpan kebahagiaan dan pendapatnya sendiri,dia mampu tersenyum ketika hatinya menjerit kesedihan,mampu menyanyi ketika menangis,menangis saat terharu,bahkan tertawa ketika ketakutan.

Wanita berkorban demi orang yang dicintainya,dia mampu berdiri melawan ketidak adilan,dia menangis saat melihat anaknya adalah pemenang,dia gembira dan bersorak saat kawannya tertawa bahagia,dia begitu bahagia mendengar suara kelahiran.

Wanita begitu bersedih mendengar berita kesakitan dan kematian,tapi dia mampu mengatasinya.

Allah Azza Wa Jalla menciptakan seorang wanita,ia diharuskan untuk menjadi seorang yang istimewa.Allah Azza Wa Jalla membuat bahunya cukup kuat untuk menopang dunia,namun,harus cukup lembut untuk memberikan kenyamanan.

Allah Azza Wa Jalla memberikannya kekuatan dari dalam untuk mampu melahirkan anak dan menerima penolakan yang seringkali datang dari anak-anaknya.

Allah Azza Wa Jalla memberinya kekerasan untuk membuatnya tetap tegar ketika orang-orang lain menyerah, dan mengasuh keluarganya dengan penderitaan dan kelelahan tanpa mengeluh.

Allah Azza Wa Jalla memberinya kepekaan untuk mencintai anak-anaknya dalam setiap keadaan,bahkan ketika anaknya bersikap sangat menyakiti hatinya.

Allah Azza Wa Jalla memberinya kekuatan untuk menyokong suaminya dalam kegagalannya dan melengkapi dengan tulang rusuk suaminya untuk melindungi hatinya.

Allah Azza Wa Jalla memberinya kebijaksanaan untuk mengetahui bahwa seorang suami yang baik takkan pernah menyakiti isterinya,tetapi kadang menguji kekuatannya dan ketetapan hatinya untuk berada disisi suaminya tanpa ragu.

Allah Azza Wa Jalla memberinya air mata untuk dititiskan.Ini adalah khusus miliknya untuk digunakan bilapun ia perlukan.

Kecantikan seorang wanita bukanlah dari pakaian yang dikenakannya,sosok yang ia tampilkan atau bagaimana ia menyisir rambutnya.Kecantikan seorang wanita harus dilihat dari matanya,kerana itulah pintu hatinya,tempat dimana cinta itu ada

Cintanya tanpa syarat....hanya satu yang kurang dari wanita,dia selalu lupa betapa berharganya dia..

Lembut mu tak bererti kau mudah dijual beli
Kau mampu menyaingi lelaki dalam berbakti
Lembut bukan hiasan bukan jua kebanggaan
Tapi kau sayap kiri pada suami yang sejati

Disebalik bersih wajah mu disebalik tabir diri mu
Ada rahsia agung tersembunyi dalam diri
Itulah sekeping hati yang takut pada ilahi
Berpegang pada janji mengabdikan diri

Malu mu mahkota yang tidak perlukan singgahsana
Tapi ia berkuasa menjaga diri dan nama
Tiada siapa yang akan boleh merampasnya
Melainkan kau sendiri yang pergi menyerah diri

Ketegasan mu umpama benteng negara dan agama
Dari dirobohkan dan jua dari dibinasakannya
Wahai puteriku sayang kau bunga terpelihara
Mahligai syurga itulah tempatnya..
Beralas cinta berujung surga

Yang menenggelamkan kami dalam sujud penuh kerinduan kepada-Mu

Dalam takbir yang menakui Keagungan-Mu

Dalam salam yang mengingatkan kami bermanfaat bagi sesama

Dalam wudhu yang membersihkan hati kami untuk melihat Wajah-Mu

Dalam tilawah yang kami lantunkan penuh haru

Dalam dzikir yang tiada akhir

Yang membuat kami semakin kagum akan Pesona-Mu

Menyukuri ayat-ayat Cinta-Mu yang Kau bentangkan pada kami

Yang menetapkan kami menjadi Akhlakul Karimah Rohmatan lil Alamin

Aamin ya Rabbal'Alamin


Selengkapnya Kunjungi Blog Kami SEHB
http://andikaalbanjariiiyahoocom.blogspot.com/2012/02/kemuliaan-seorang-wanita.html

Barakallaahu fiykum wa jazzakumullah khoir

♥ SEMOGA BERMANFAAT ♥

Sebuah renungan untukku, untukmu,untuk kita semua. Semoga tulisan ini dapat membuka pintu hati yang terkunci...

Hak cipta adalah milik Allah SWT semata.Ilmu adalah amanat Allah yg harus disampaikan kepada Ummah...kami hanya menyampaikan apa yg kami miliki...

Sungguh bahagia insan yang telah menemukan cinta sejatinya.. ibarat tasbih & benang pengikatnya.. terajut menjadi satu untaian yang selalu disentuh satu demi satu oleh insan mulia yang bibirnya basah akan cinta kepada Rabb-Nya

Barakallaahu fiykum wa jazzakumullah khoir

oleh (Sebelum Engkau Halal BagiKu)

♥SALAM SANTUN UKHUWAH♥

Semoga apa yang telah disampaikan ini ada manfaatnya,

Afwan Minkum Kebenaran datangnya dari Allah kekurangan dari pribadi ana dan ana hanya menyampaikan apa yang diamanahkan Allah

Wallahù'alam bíshawab Wabíllahí taùfík walhídayah,

Wassalamù'alaíkùm warahmatùllahí wabarakatùh
http://www.facebook.com/pages/Sebelum-Engkau-Halal-BagiKu/138509376220354?sk=wall

Graf keimanan manusia yang lalai ( orang-orang aneh.com)


Allah berfirman(yang Artinya ):...Dibawahnya ada Harta simpanan bagi mereka berdua, sementara ayahnya adalah seorang yang saleh (Qs Al kahfi 18:82)
dlam sebuah riwayat, saat menafsikan ayat di atas ,Ustman bin Affan berkata :bahwa Harta simpanan yang diaksud adalh sebuah lempengan yg trbuat dari Emas , yang tetulis padanya (firman Allah AWT) :
* Aku heran terhadap orang yng memahami kematian ,sementara ia banyak tetawa ? "
*aku heran tehadap orang yg memahami bahwa dunia ini Fana? ,sementara ia terus disibukan oleh dunia itu! .
*Akuheran tehadap orang yg memahami bahwa berbagai perkara telah ditentukan sesuai takdinya nya?
sementara ia bersedih ats hilngnya pekara2 itu !
*Aku heran terhadp orng mengethui Adnya hari perhitungan ,sementra ia terus mengumpul-ngumpulkan Harta !
*aku heran terhadap orang yg mngetahui adnya siksa api neraka? , sementra ia terus brbuat Dosa !
*Aku heran terhadap orang yg mengetahui adnya surga semetra ia banyak berleha -leha !
* Aku heran terhadap orang yng memhami bahwa setan itu musuhnya , sementara ia malah selalu mentaatinya (Anawawi Al jawi , Nasha'ih Al 'bad,51)

diriwatkan senada dituturkan oleh Al baihaqi dari Ali bin Abi Tholib ,dari baginda Rosulloh Sollohu alaihi waslam, bahwa harta simpanan yg di maksud dalm ayat di atas adalah lempengan emas yang tertulis padanya (firman Allah Subhanallohu wata'laa): Tidak ada Tuhan selain Allah dan nabi Muhamad adalh utusan-Nya: .
* Sungguh aneh orang yang memahami kematian itu pasti,?/
lalu bagaimana mungkin ia banyak berleha-leha !.
sungguh aneh orang yg memahami bahwa neraka itu benar Ada nya , tetpi bagaiman mungkin dia banyak tertwa!
." sungguh aneh orang yg memahami bahwa taqdir (qadha ') itu benar , lalu bagaimana mungkin ia banyak bersedih.
sungguh annnnneh orang yg melihat Dunia dari waktu ke waktu (bahwa unia itu fana), lalu bagaimana ia merasa tentram dengan dunia itu (Al baihaqi dalm syu'ub Al Iman)

Ada beberapa Ibrah (pelajaaran ) dari hadis di atas ,
pertama : hadis di atas menegaskan bahwa banyakmanusia yg perilakunya sering tidak sesuai dengan pemahamanya .Inilah diantara ciri2 orang yg berlaku nipaq
kedua: boleh jadi ketidak sesuain perilaku nya sering manusia dengan karena ia tidak orang-orang yang lalai atau terlalaikan . Inilah antara lain ciri dari orang2 yg disebutkan oleh Allah SWT dalam Aqur'an sebagai Al ghafil(un)


seprti dalam surah At takasur ayat 1-3)
bermegah-megahan telah melalikan kamu ayat-1
sampai kamu masuk kedalm kubur ayat-2
... jangan begitu kelak kamu akan mengetahui
(akibat perbuatanmu itu)ayat-3
lihat selengkapnya sampai ayat -8

terkait denga itu , setiap muslim pasti meyakini bakal datang nya kemaTian , namun banyak sebagian mereka seolah tidak mempersoapkan bekal untuk menghadapi yakni menghadap Allah subhanallohu wata'ala nabi Solluhualaihi wasalam bersabda: "orang yg paling cerdas adalah orang yang paling banyak mengingt mati dan yg paling banyak mempersiapkan diri ( menghadapi kematian itu)." ( Haris bin Abi Usamah , ll/998)

lalu terkait dengan Harta , meski setiap Muslim memahami bahwa dunia dan Harta itu Fana , bnyak diantara merka justru menghabiskan sebagian besr waktunya untuk mengjar Dunia (harta) hingga melupakan Allah SWT. padhal sudah jels meski seseorang hartanya banyak , semua itu tidak akan ia bawa saat ia masuk keliang lahat
kemudian takdir atau pun qhado' g sudah jelas . semua ketetapan Allah Swt ini meskia di yakaini setiap muslim
lalu terkai dengn setan hal itu jg sudh jlas bgi seorang muslim setan adlah musuhnya yg sejti dan abadi . dlm Alqur'an Allah disebutkan sebagai Aduw(un) mubin bag manusia karena musuh nya idealnya setan harus ditentang , dilawan dan diperangi ,karena itu aneh jk seorang muslim malh banyak mentaati ajakan setan dan tertipu dengan buuk rayunya
selanjutnya terkait antara surga dan neraka itu pun sudah jels surga adalh balsan bagi para pelaku ketaatan. neraka di perunkan bagi plaku kemaksiatan ,yg blum jls adalh wujud fisiknya inilah kebanyakan manusia seolah tidak perduli akibatny mereka melakukan dosa padahl kaatnya mereka takut terhadap ajab neraka . ataw sebalik nya mereka tidak banyak melakukan ketaatn , padahal katanya surgalah yng mereka rindukan . memang ANEH ! semoga kita tidak demkian tentu nasihat ini untuk diriku dan juga para sahabatku sebelumnya mohon Maaf dalam setiap tulisan wallohu alam bis sawab"
wama tawfiqi illa billah jazakallohu hairon laka yaa Abi..........!!!!!

kisah seorang gadis yang di tinngal mati orang tuanya

kisah seorang gadis yang di tinngal mati orang tua

ksh ini dari Hasn Al-Bashri.suatu hr, lewatlah didpan rumhnya iring2an jenzah. Hasan, yg kala itu sdang duduk didpn rumh, tertarik pada seorang anak wanta dar i orng yg mati it. Ramubt gds it awut2an, dn brjln tnp sendl dbwh krnda myt.
Hasn al-bashri llu mngikti irng2an it. Ank prempuan it melolng dalm tangisnya: "ayah, sunggh tak pernah kualami hr sperti ini."????
Hasn mendngr kalmat it menyahutnya: ''juga tak di alami oleh ayahmu  hari yang seprti ini''  Si gdis dmkm it, 

pagi sehabih sembahnyang subuh Hsan al-basri ddikejut oleh ank yang kemaren anak itu berlarian sambil mmenangi kata Hasan dalm "Gadis ini bijak baiklah lebih baik kuikuti siapa tau ada kata yng bermakna" 
denagn menjauhkan dr pandanagn sigadis Hasan mengukuti dngan diam2 mlhat ank it brjongkok dan mltkn pipinya pd tnh kubran.ayah??...  "Ayah," kt ank it. "bagaimn rasnya tinggal sndri dalm kubran yg gelp dan tanpa lampu bgini? Tnp penghbur. Jk kemirn aku msh menyult lampu untkmu..
Kni siapa yg mnyultnya?. 
Kmrin aku gelrkn tkar,skrng siapa yg menggelrkan?
.kmrn mlm akulh yg mngurt tngn dn kakimu; llu siapakh yg mengurtmu td malm.?
Akulh dulu yg menuangnkn minumnmu, kini siapa?...
Akulh yg kmrin Dl yg mmblikn badnmu unt berbarng lebh nyamn,llu kini siapa?
Akulah Yg mnylmuti tubuhmu kmrin mlm,& siapa yg menylmutimu td mlm?
Akulh yg mmprhtkn wjhmu kemrn mlam,

lalu siapa yg memprhatikan wajahmu tadi malm?

Kemarin engkau masih memnggl kmi, kami mmenuhi pngglanmu,llu siapa kini yg melkukny?
Akulh yg dulu menyuapkn mknanmu ktika engkau mkn;apkh td mlm kau ingin makan, dn siapa yg menyuapimu?Akulh yg biasa memasakan macam2 makanan untmu, kini Siapa yg mamaskanmu.
Mendngr kt2 it, Hasn menings dn menmpakn diri dihadapan ank it.
"Wahai gads kcil, jangn bicara bgtu," ktny smbl mendkat. "Tp ktkn sprti ini: "Wahai ayh, aku tlh menghdpkn tbuhmu ke arh kiblat, dan kau akn menhdp kblt it. Atau apkh engkau tlh brpling?
"Wahai ayh, engkau kuletkn dikubur ini dlm keadaan jsad yg mulus, mash ttapkah sprti sdiakala? Atau kau tlah dimakn ccing?
Wahai ayah, bnyak ulma mengtkan, yg mati Akn memprtnggung jwbkn imanya di hdapn malaikat;apkah kau sdh menjwbnya, atw malh ta mampu?
"Wahai ayh, bnyak ulama mengtakn, kubr kdng menjdi sempt dn lapng unt penghuninya;engkau kebgian kubr yg bgaimana?
"Wahai ayh, bnyk ulma mengtkn, semua yg mati akn diganti kafany dng kafn surga atw nerka;kafn mankh yg dijdkan pengnti kafnmu?
"Wahai ayh, bnyak ulama mengtkn, kubr adlh tmn surga atw sbgai jurng nraka.
bnyk ulama mengtkn, kburn kdngkala menrma penghuninya sprti seorng ibuyg mengmbn anak trsyang, kadng menghmpt persendiany menjdi satu.Dipluk saynk kah atau di himptnya?
"Wahai ayah, bnyk ulma mengatkn,seorg msuk kubr mnjdi sdh,mertapi mngpa tk memprbnyk brbuat baik dulu,&seorng yg bnyk brbuat mksiat lbh bny mnysli perbuatny sblum it. Apkh kau menysl ats sdkit amalmu, atw krna mksiatmu?
"Wahai ayah,jk aku memngglmu, Kau slalu menjwb.kini aku memnglmu diats kubrmu, bgaimana aku smpai ta mendngr suaramu?
"Wahai ayah, engkau pergi dn ta mungkn qt brtmu lg hngga hr kiamat nant. Allahumma, ya Allah, jngn kau halngi prjumpaanku dng ayhku pd hr kiamat nanti."
Gads it llu memndng Hasn.
"Wahai tuan, btpa bgsnya yg tuan ajrkan tntng tngis kesdhanku ats ayhku. Btpa bgusny nashat yg kaubrikn kpdku. Engkau tlh mengingtkn aku dr sift lena org Orng yg lupa kpd blaskasihn Allah."

Ank it llu pulng brsam Hasan.Ta henti-hentiny air mata jatuh dr wjahnya.
* * *
di riwayatkan dr Mujahid ,ibn Umar berkata , '' Rasulloh memegang bahuku dan berkata: Hiduplah di Dunia ini sebagai pengmbara . '' Dalm keterangan lain , perawi lain hadis ini menambhkan :ibnu Umar berkta ,'' jk Umurmu mencapai malam hari mk jnagn menanti pagi hr . dn jk umurmu mencapai pagi hr janagn menanti malm hr ,.ambilah (waktu) sehatmu untujk sakitmu dn amblah (masa ) hidupmu untk matimu (HR. Bukhari)

Hidup adlah ibarat sebuah pengembaraan , setiap diri akan berjalan menuju ke satu titik tuju yg namanya kematian tentu tak akan seoang pun bercita2 agar dirinya bertemu ajal dalm keadan ketidak baikan ,kemaksiatan dan kedurhakan .semua pasti berhasrat mencapai ke satu titik yg di namakn (husnul Hatimah ) agr kepulangn ke negeri akhirat pd sebuah alam benar2 dlm keadaan baik sebb saat itulah akn prjumpaan dngan sang halik sang pemaiik hidup , Dia akan menyakan sesuatu dlam kalimat : apa yang telah kau jalani selama kau mengembara di Dunia , di alm Fana?

sang pgembara tidak dapat mengelak untk menjab ap yg telah di perbuatnya,,