Senin, 06 Februari 2012

Graf keimanan manusia yang lalai ( orang-orang aneh.com)


Allah berfirman(yang Artinya ):...Dibawahnya ada Harta simpanan bagi mereka berdua, sementara ayahnya adalah seorang yang saleh (Qs Al kahfi 18:82)
dlam sebuah riwayat, saat menafsikan ayat di atas ,Ustman bin Affan berkata :bahwa Harta simpanan yang diaksud adalh sebuah lempengan yg trbuat dari Emas , yang tetulis padanya (firman Allah AWT) :
* Aku heran terhadap orang yng memahami kematian ,sementara ia banyak tetawa ? "
*aku heran tehadap orang yg memahami bahwa dunia ini Fana? ,sementara ia terus disibukan oleh dunia itu! .
*Akuheran tehadap orang yg memahami bahwa berbagai perkara telah ditentukan sesuai takdinya nya?
sementara ia bersedih ats hilngnya pekara2 itu !
*Aku heran terhadp orng mengethui Adnya hari perhitungan ,sementra ia terus mengumpul-ngumpulkan Harta !
*aku heran terhadap orang yg mngetahui adnya siksa api neraka? , sementra ia terus brbuat Dosa !
*Aku heran terhadap orang yg mengetahui adnya surga semetra ia banyak berleha -leha !
* Aku heran terhadap orang yng memhami bahwa setan itu musuhnya , sementara ia malah selalu mentaatinya (Anawawi Al jawi , Nasha'ih Al 'bad,51)

diriwatkan senada dituturkan oleh Al baihaqi dari Ali bin Abi Tholib ,dari baginda Rosulloh Sollohu alaihi waslam, bahwa harta simpanan yg di maksud dalm ayat di atas adalah lempengan emas yang tertulis padanya (firman Allah Subhanallohu wata'laa): Tidak ada Tuhan selain Allah dan nabi Muhamad adalh utusan-Nya: .
* Sungguh aneh orang yang memahami kematian itu pasti,?/
lalu bagaimana mungkin ia banyak berleha-leha !.
sungguh aneh orang yg memahami bahwa neraka itu benar Ada nya , tetpi bagaiman mungkin dia banyak tertwa!
." sungguh aneh orang yg memahami bahwa taqdir (qadha ') itu benar , lalu bagaimana mungkin ia banyak bersedih.
sungguh annnnneh orang yg melihat Dunia dari waktu ke waktu (bahwa unia itu fana), lalu bagaimana ia merasa tentram dengan dunia itu (Al baihaqi dalm syu'ub Al Iman)

Ada beberapa Ibrah (pelajaaran ) dari hadis di atas ,
pertama : hadis di atas menegaskan bahwa banyakmanusia yg perilakunya sering tidak sesuai dengan pemahamanya .Inilah diantara ciri2 orang yg berlaku nipaq
kedua: boleh jadi ketidak sesuain perilaku nya sering manusia dengan karena ia tidak orang-orang yang lalai atau terlalaikan . Inilah antara lain ciri dari orang2 yg disebutkan oleh Allah SWT dalam Aqur'an sebagai Al ghafil(un)


seprti dalam surah At takasur ayat 1-3)
bermegah-megahan telah melalikan kamu ayat-1
sampai kamu masuk kedalm kubur ayat-2
... jangan begitu kelak kamu akan mengetahui
(akibat perbuatanmu itu)ayat-3
lihat selengkapnya sampai ayat -8

terkait denga itu , setiap muslim pasti meyakini bakal datang nya kemaTian , namun banyak sebagian mereka seolah tidak mempersoapkan bekal untuk menghadapi yakni menghadap Allah subhanallohu wata'ala nabi Solluhualaihi wasalam bersabda: "orang yg paling cerdas adalah orang yang paling banyak mengingt mati dan yg paling banyak mempersiapkan diri ( menghadapi kematian itu)." ( Haris bin Abi Usamah , ll/998)

lalu terkait dengan Harta , meski setiap Muslim memahami bahwa dunia dan Harta itu Fana , bnyak diantara merka justru menghabiskan sebagian besr waktunya untuk mengjar Dunia (harta) hingga melupakan Allah SWT. padhal sudah jels meski seseorang hartanya banyak , semua itu tidak akan ia bawa saat ia masuk keliang lahat
kemudian takdir atau pun qhado' g sudah jelas . semua ketetapan Allah Swt ini meskia di yakaini setiap muslim
lalu terkai dengn setan hal itu jg sudh jlas bgi seorang muslim setan adlah musuhnya yg sejti dan abadi . dlm Alqur'an Allah disebutkan sebagai Aduw(un) mubin bag manusia karena musuh nya idealnya setan harus ditentang , dilawan dan diperangi ,karena itu aneh jk seorang muslim malh banyak mentaati ajakan setan dan tertipu dengan buuk rayunya
selanjutnya terkait antara surga dan neraka itu pun sudah jels surga adalh balsan bagi para pelaku ketaatan. neraka di perunkan bagi plaku kemaksiatan ,yg blum jls adalh wujud fisiknya inilah kebanyakan manusia seolah tidak perduli akibatny mereka melakukan dosa padahl kaatnya mereka takut terhadap ajab neraka . ataw sebalik nya mereka tidak banyak melakukan ketaatn , padahal katanya surgalah yng mereka rindukan . memang ANEH ! semoga kita tidak demkian tentu nasihat ini untuk diriku dan juga para sahabatku sebelumnya mohon Maaf dalam setiap tulisan wallohu alam bis sawab"
wama tawfiqi illa billah jazakallohu hairon laka yaa Abi..........!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar